Monday, January 14, 2013

Bamboo Musical Performance of Saung Angklung Udjo


Berikut adalah berbagai pertunjukan seni yang dapat disaksikan di Saung Angklung Udjo setiap hari pada pukul 15.30-17.30.

  1. Demonstrasi Wayang Golek
Wayang Golek membutuhkan waktu tujuh jam setiap penampilannya. Maka di Saung Udjo hanya menampilkan sedikit dari keseluruhan penampilan. Wayang Golek menampilakan boneka kayu seperti orang dengan berbagai kostum. Wayang Golek sebagai representasi karakter orang di dunia.

  1. Helaran
Merupakan festival yang dilakukan saat musim panen. Tradisi ini merupakan salah satu bentuk ucapan syukur kepada Tuhan atas segala anugerah-Nya.

  1. Tari Topeng
Para penari yang rata-rata anak perempuan menari dengan menggunakan topeng. Tarian ini mengisahkan tenteng dongeng Topeng Kandaga. Topeng itu merepresentasikan karakter orang yang temperamental.

  1. Calung
Calung adalah instrumen bambu yang mempunyai tangga nada salendro, biasanya dimainkan antara 4/5 orang. Calung dimainkan ketika orang-orang sedang tertawa dan menari.

  1. Arumba
Arumba adalah perpaduan antara musik tradisional dan musik modern. Arumba pun mampu menghasilkan nada yang harmoni dan dinamis.

  1. Orkestra Angklung
Orkestra angklung merupakan perpaduan antara musik angklung dan musik orkestra. Dengan berbagai nada, mereka bisa membuat perbaduan musik yang indah.

  1. Menari bersama
Ini merupakan acara penutup dimana para pengunjung diajak menari dan menyanyi bersama lagu tradisional Jawa Barat. 

Ini dia video yang bisa memberikan gambaran bagaimana serunya mengenal tradisi Jawa Barat :)






0 comments:

Post a Comment